Ma. Masyhudiyah?? Dimana Itu??

Ma. Masyhudiyah itu dimana ?
Ma. Masyhudiyah itu sekolah apa ?
Ma. Masyhudiyah itu sekolah baru ya ? kok gak terkenal gitu,
STOPPPPPPP....... please dont asking me again!!!

Itu beberapa pertanyaan yang sering saya terima semenjak bersekolah di Ma. Masyhudiyah. saya sering bingung ketika menjawab pertanyaan seperti diatas. Ingin rasanya saya teriakkan “katrok” ataupun “ndeso” kepada makhluk yang bertanya seperti itu. Siapa yang tidak sakit hati ketika ada yang mengganggap kalau sekolahnya tidak terkenal.

Ma masyhudiyah bukannya tidak terkenal, tapi banyak orang yang memandang sebelah mata terhadap sekolah yang letaknya diatas gunung itu. meskipun baru satu tahun setengah saya menuntut ilmu di sekolah ini, tetapi banyak sekali manfaat yang saya dapatkan. saya juga masih ingat jelas satu tahun yang lalu ketika saya sangat dilema dalam memilih sekolah.

FLASHBACK
“nduk, sekolah nang ndi ae iku podo ae, seng penting iku niatmu temenang gawe sekolah” 
(nduk, sekolah dimana saja itu sama saja, yang penting niatmu buat sekolah)”
Kata-kata itu masih teringat jelas. Kata-kata yang bisa membius saya dalam sekejap. Kata-kata yang mampu melunakkan hati saya dari obsesi bersekolah di sma negeri.

saya bersekolah di SMP Negeri. Dari SMP, saya sangat menginginkan untuk melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 1. Selain itu SMA Negeri, letaknya juga berdekatan dengan rumah saya. saya selalu belajar giat agar nilai saya bagus dan bisa diterima di SMA Negeri. Alhamdulillah kerja keras saya tidak sia-sia, nilai rapor saya sangat memuaskan. Nilai danem saya juga sudah lebih dari cukup, dan saya mendapatkan penghargaan “Murid dengan STTB terbaik ke-4”. Saya sangat bahagia dan kurasa impian saya untuk bersekolah di SMA negeri bukan hanya sebuah impian seorang bocah ingusan.

Tapi takdir berkata lain,
bapak meminta saya untuk bersekolah di ma. Masyhudiyah saja. Sekolah yang sangat asing bagi saya. Belum pernah sekalipun telinga saya mendengar sekolah itu. saya pun mencari informasi tentang sekolah yang disarankan bapak saya itu.

MASYHUDIYAH 
Masyhudiyah adalah sebuah sekolah untuk MI,MTS, dan MA. Letaknya satu gedung. Mi berangkat pagi sedangkan mts dan ma berangkat pukul 12.00 dan pulang pukul 17.00. mayhudiyah terletak di Jalan Sunan Giri Xviii F/08 Gresik, Kec. Kebomas Gresik. sekolah ini didirikan oleh bapak Masyhud. Uniknya di sekolah ini banyak guru-guru yang bersaudara. Masyhudiyah terletak diatas gunung yang tinggi, yah setinggi cita-cita dan impian murid-muridnya.

Dan pilihan saya,
Setelah sekian lama saya mengalami kegundahan hati, akhirnya saya memilih untuk bersekolah di MA. Masyhudiyah saja. Bukankah ridho dan restu orangtua itu lebih penting.
Awalnya, saya malu dan juga sering bete’ gara-gara sekolah ini tidak sesuai dengan keinginan saya. Tapi lambat laun, saya menyadari ada yang berbeda di sekolah ini.
Yah, guru disini bekerja dengan penuh keikhlasan. Buatnya, yang terpenting adalah masa depan anak-anak didiknya. Sering sekali saya mendapat petuah-petuah disini, sampai saya pun hafal apa saja petuahnya dan siapa yang menyampaikannya.

Alhamdulillah MA. Masyhudiyah merubah hidup saya. Saya khatam Al Qur’an dari kelas 4 SD, dan setelah khatam itu saya tidak pernah membaca Al Qur’an lagi. Tapi, subhanallah setelah ada guru yang menyarankan untuk membaca Al Qur’an, hati saya terketuk untuk mengambil dan membaca kitab suci umat islam itu lagi. Meskipun tidak banyak yang saya baca, yang penting istiqomah.

Dan kesimpulannya, jangan memandang sesuatu dari luarnya saja jika kalian belum mencobanya. Yang kelihatannya buruk belum tentu buruk, bahkan mungkin lebih indah daripada yang kelihatan dari luarnya indah.

Saya lega, saya tidak salah dalam memilih sekolah. Dan insyaallah, setelah lulus dari ma. Masyhudiyah saya akan kuliah. Amin !!!

3 comments:

  1. Alhamdulillah saya juga lulusan ma masyhudiyah, dimanapun kita belajar yg penting ihlas karena alloh swt, ridho ibu bapak kita sangat penting, dan bimbingan guru guru sangat penting..... semoga bermafaat gak perlu dengar kta orang dengar kata hati INNAMAL A'MALU BINNIYAT ....salam dg bapak dan ibu guru disana, saya SHOLEH lulusan th 2000 /1999 dari negeri tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekali pak :) lulusna 2000? saya insyaallah lulus tahun 2015 pak, mohon doanya supaya murid ma. masyhudiyah lulus 100% ya pak.
      dari negeri tetangga? dimana pak?

      Delete
    2. Amiiiin semoga Alloh swt mempermudahkan UN adek adek semua ....

      Delete